Tuesday, August 27, 2019

Penentuan Grafitasi Menggunakan Bandul

Bandul adalah benda yang terikat pada sebuah tali dan dapat berayun secara bebas dan periodik yang menjadi dasar kerja dari sebuah jam dinding kuno yang mempunyai ayunan. Dalam bidang fisika, prinsip ini pertama kali ditemukan pada tahun 1602 olehGalileo Galilei, bahwa perioda (lama gerak osilasi satu ayunan, T) dipengaruhi oleh panjang tali dan percepatan gravitasi mengikuti rumus:   
  
 


di mana L adalah panjang tali dan g adalah percepatan gravitasi
    Bandul suatu alat yang mempunyai suatu objek berat tergantung pada ujungnya biasanya digunakan untuk menghitung ayunan bebas.

Tali: Tali panjang yang berukuran kira – kira 3 meter untuk diikatkan beban.
Beban: Benda berat yang digantungkan pada seutas tali yang digantung pada langit2 gedung untuk melakukan ayunan bebas.
Periode adalah selang waktu yang diperlukan oleh suatu benda untuk melakukan satugetaran lengkap. Getaran adalah gerakan bolak-balik yang ada di sekitar titik keseimbangan dimana kuat lemahnya dipengaruhi besar kecilnya energi yang diberikan. Satu getaran frekuensiadalah satu kali gerak bolak-balik penuh. Satu getaran lengkap adalah gerakan dari a-b-c-b-a,sesuai pada gambar.

Periode ayunan Bandul adalah:
L = Panjang Tali
g = Percepatan Gravitasi
Untuk menentukan g kita turunkan dari rumus di atas:
T²    =    4π²(L/g)
g    =    4π² * (L/T²)
g    =     4π² * tan α ; tan α = Δ L / T²

Ayunan matematis atau bandul matematis adalah suatu metode yang teliti dan mudah untuk mengikur percepatan gaya berat   tanpa memanfaatkan benda jatuh bebas Karen   dan   dapat mudah diukur.
Ayunan yang dibuat lebih seksama banyak dil\pakai dalam bidang geofisika endapan bijih besi atau minyak disuatu tempat. Jika kerapatannya berbeda dengan kerapatan bahan-bahan disekelilingnya mempengaruhi harga   ditempat itu dan hasil pengukuran yang teliti harga   ini diseluruh daerah yang sedang dikehendaki saling memberikan informasi tentang sifat endapan itu.


No comments:

Post a Comment